Uranium Kalbar Mampu Atasi Krisis Listrik

Uranium Kalbar Mampu Atasi Krisis Listrik
Uranium Kalbar Mampu Atasi Krisis Listrik
PONTIANAK - Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalbar, Agus Aman Sudibyo mengatakan Kalbar memiliki potensi uranium yang dapat dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. Potensi tersebut terdapat di Kabupaten Melawi. Kandungan uranium di kawasan itu sekitar 24,112 ton.

"Untuk jangka panjang, potensi uranium di kabupaten Melawi perlu dimanfaatkan. Karena dapat membantu memenuhi kebutuhan listrik di Kalbar," kata Agus.

Tinjauan Badan Energi Atom Internasional, Indonesia sendiri mempunyai tenaga ahli, pakar, bahan baku dan teknologi yang cukup di bidang nuklir. Sayangnya, masyarakat Indonesia cenderung takut pada teknologi nuklir. Padahal saat ini sudah ada tiga reaktor yang dikelola Indonesia yakni di Yogyakarta, Bandung dan Serpong.

Menurut Agus, data 2011 Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalbar mencatat elektrifikasi (rasio kebutuhan listrik dibanding pemenuhan) 45,16 persen. Dimana, perhitungan rasio elektrifikasi berdasar jumlah pelanggan berbanding jumlah kepala keluarga di Kalbar. Namun data tersebut belum termasuk pengguna Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

PONTIANAK - Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalbar, Agus Aman Sudibyo mengatakan Kalbar memiliki potensi uranium yang dapat dimanfaatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News