Gubernur Siap Sediakan Lahan PLN

Gubernur Siap Sediakan Lahan PLN
Gubernur Siap Sediakan Lahan PLN
PALANGKA RAYA  - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Teras Narang menyampaikan kesiapannya untuk menyiapkan lahan untuk pembangunan tapak tower dan gardu induk (GI). Terang menegaskan, Pemprov mendukung penuh rencana pembangunan infrastruktur jaringan listrik. Pernyataan Teras menanggapi surat resmi PT PLN (Persero) Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalteng yang meminta Pemprov Kalteng untuk menyediakan lahan.

Teras Narang bahkan mengatakan, peningkatan pelayanan dengan membangun infrastruktur ini sejalan dengan permintaannya. Dia menjelaskan, proyek pembangunan listrik 2 x 100 megawatt (MW) yang berlokasi di mulut tambang atau mendekati lokasi suplai energi di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) sudah melangkah ke tahap konkret. Proyek ini masuk dalam pola  independent power producer (IPP).

"Akhir Maret ini sudah mulai dikerjakan," ujar Teras kepada wartawan di ruang kerjanya, kemarin. Perundingan telah dilakukan dengan  konsorsium perusahaan besar dalam negeri untuk membangun pembangkit listrik dengan model ini. Dengan pola IPP ini maka pembangunan pembangkit listrik tersebut murni menggunakan dana rekanan. "Tidak menggunakan uang APBN atau APBD, murni dari investor," tegasnya.

Bahkan, lanjut gubernur dari PDI Perjuangan itu, survei lokasi pun sudah dilakukan di wilayah Bereng Belawan, Kecamatan Manuhing, Gunung Mas, dimana di lokasi ini diduga memiliki potensi batu bara dan siap menyuplai kebutuhan bahan bakar sebagai pembangkit listrik.  "Dari hasil survei diketahui deposit batu bara mencukupi, begitu pula jumlah kalorinya cukup untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik," terang Teras, di ruang tamu kantornya.

PALANGKA RAYA  - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Teras Narang menyampaikan kesiapannya untuk menyiapkan lahan untuk pembangunan tapak tower

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News