Gunakan Energi Bersih, Industri di Jatim Serap 70 Ribu Unit REC Milik PLN

Gunakan Energi Bersih, Industri di Jatim Serap 70 Ribu Unit REC Milik PLN
Kerja sama pemenuhan tenaga listrik yang berasal dari pembangkit energi baru terbarukan (EBT) melalui pembelian sekitar 70.000 unit REC antara PLN dengan PT Otsuka Indonesia, PT Widatra Bhakti, dan 6 Pabrik PT HM Sampoerna di Jawa Timur. Foto dok PLN

jpnn.com, JAWA TIMUR - Layanan sertifikat energi baru terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC) dari PT PLN semakin diminati para pelanggan industri, yang mendukung pemanfaatan energi bersih di Tanah Air.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran menjelaskan produk REC sangat diminati, hingga Maret tahun ini sudah 30.000 MWh energi terbarukan dari PLTP Kamojang telah digunakan oleh pelanggan enterprise di Jawa Timur.

"Salah satu manfaat yang didapat pelanggan dengan REC yaitu memperoleh opsi pengadaan untuk pemenuhan target 100 persen penggunaan EBT yang transparan dan diakui secara internasional dan tanpa mengeluarkan biaya investasi untuk pembangunan infrastruktur," jelas Lasiran.

Kontrak pembelian REC juga memberikan dampak bagi pemerintah yang tengah mendorong transisi energi menuju karbon netral 2060.

Diharapkan, masifnya kontrak pembelian REC di sektor industri dapat mendorong pertumbuhan pasar nasional energi terbarukan sehingga dapat mempercepat pencapaian target bauran energi.

Selain itu, ada penandatanganan kerja sama pemenuhan tenaga listrik yang berasal dari pembangkit energi baru terbarukan (EBT) melalui pembelian sekitar 70.000 unit REC atau setara dengan 70.000 megawatt-hours (MWh) antara PLN dengan PT Otsuka Indonesia, PT Widatra Bhakti, dan 6 Pabrik PT HM Sampoerna di Jawa Timur pada 13 April 2022.

Deputy PT Otsuka Indonesia, Yasutaka Emoto menyampaikan perusahaannya tengah memberikan perhatian penuh terhadap isu-isu lingkungan.

Menurut dia, sebagai perusahaan yang menggeluti sektor farmasi, isu lingkungan menjadi isu utama bagi perusahaan.

Layanan sertifikat energi baru terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC) dari PT PLN semakin diminati para pelanggan industri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News