Gundala Awali Kebangkitan Superhero Indonesia

Gundala Awali Kebangkitan Superhero Indonesia
Unggahan Joko Anwar yang menegaskan tengah mengerjakan proyek film Gundala. (Instagram/jokoanwar)

jpnn.com - Indonesia punya banyak tokoh pendekar dan superhero. Gundala, Godam, Si Buta dari Gua Hantu, hingga Wiro Sableng adalah tokoh-tokoh menakjubkan karya maestro cergam Indonesia. Bumi Langit mencoba menghidupkan kembali para jagoan tersebut agar lebih dikenal generasi zaman now.

Didirikan pada 2003, Bumi Langit merupakan perusahaan intellectual property (IP) yang bergerak di bidang hiburan. Yakni, komik, film, serta animasi.

Mereka concern kepada tokoh-tokoh adisatria (superhero) dan pendekar yang beken lewat komik-komik lawas. Andy Wijaya, direktur Bumi Langit, menuturkan, jagoan dan pendekar itu adalah kekayaan budaya Indonesia.

Tokoh, jalan cerita, dan latar belakang kisah pun sangat dekat dengan Indonesia. ’’Sebagaimana budaya lokal, komik Indonesia juga harus dilestarikan,’’ ujar Andy saat ditemui di kantor Bumi Langit di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Sejak bergabung pada 2004, pengagum komikus Indonesia tersebut ingin agar Bumi Langit bisa menjadi semacam DC Comics atau Marvel-nya Indonesia.

Sebagai langkah awal, Bumi Langit membeli hak cipta tokoh-tokoh dan komik Hasmi. Yang paling terkenal adalah Gundala. Komik-komik si Putra Petir dicetak ulang untuk memenuhi kerinduan para penggemar lama yang sulit mencari komik itu. Nah, untuk generasi baru, mereka menggeber proyek komik digital.

Proyek tersebut dijalankan pada 2012. Saat itu Bumi Langit sudah memperoleh hak cipta dari tujuh maestro komik lain. Tokoh dan ceritanya jadi beragam.

Mereka membaginya menjadi dua proyek besar. Yakni, Bumi Langit Pusaka dan Bumi Langit Revolusi. Untuk platform komik, tim Bumi Langit memilih media sosial seperti Facebook dan LINE Webtoon.

Bumi Langit, sebuah perusahaan IP di Jakarta berusaha membangkitkan kembali tren superhero lokal. Gundala dipilih sebagai lokomotif

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News