Gunung Baru di Kawasan Rinjani Erupsi, Begini Jadinya...

Gunung Baru di Kawasan Rinjani Erupsi, Begini Jadinya...
Gunung Baru di Kawasan Rinjani Erupsi, Begini Jadinya...

jpnn.com - SELONG- Musibah alam kembali terjadi di Indonesia. Kini, Gunung Baru yang berada di tengah-tengah danau Segara Anak di kawasan Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat, Minggu (25/10) siang, mengalami erupsi.

Letusan sekitar pukul 11.04 WIB tersebut terpantau setelah gunung baru menyemburkan abu vulkanik bercampur asap dengan ketinggian sekitar 200 meter. Akibatnya pada  pendaki yang berada di puncak Rinjani atau sedang mendaki langsung dievakuasi turun karena dianggap akan dapat membahayakan mereka. 

"Ada 20 anggota kita kerahkan untuk melakukan evakuasi dan para pendaki yang akan naik kita minta untuk kembali dan tidak melanjutkan pendakian," kata Kepala Resort Taman Nasional Gunung Rinjani(TNGR) Sembalun, Zulfahri, kepada Radar Lombok (grup JPNN)

Tindakan itu langsung dilakukan karena akibat erupsi Gunung Baru kemudian ditambah asap dari beberapa titik kebakaran hutan dan padang savana, membuat udara semakin pekat hingga pandangan sangat terbatas.

Saat terjadi letusan, tercatat jumlah pendaki Gunung Rinjani sejak hari Jumat (23/10) adalah 229 orang pendaki mancanegara dan 74 orang pendaki lokal. Meski demikian, jumlah itu diperkiran bisa lebih banyak karena bertepatan dengan pelaksanaan upacara Mulang Pakelem ummat Hindu di danau Segara Anak, Rinjani. Belum lagi ditambah pendaki  yang melalui jalur lain. (lal/zul/dkk/jpnn)


SELONG- Musibah alam kembali terjadi di Indonesia. Kini, Gunung Baru yang berada di tengah-tengah danau Segara Anak di kawasan Gunung Rinjani, Nusa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News