Gunung Berapi Filipina Muntahkan Awan Panas, Penduduk Diminta Siapkan Stok Makanan

Gunung Berapi Filipina Muntahkan Awan Panas, Penduduk Diminta Siapkan Stok Makanan
Gunung Bulusan

MANILA - Pemerintah Filipina terus menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dengan meletusnya Gunung Bulusan yang telah memuntahkan awan panas dan debu sebanyak enam kali dalam tempo beberapa pekan lalu.
 
Selain menghimbau, pemerintah juga meminta warga di sekitar Gunung Bulusan, Filipina, untuk menyiapkan skrenario terburuk yakni menyimpan stok makanan sebagai langkah siaga untuk persiapan mengungsi. 

Juru bicara pemerintah Filipina Herminio Coloma mengatakan pemerintah juga memantau gunung yang terletak 390 kilometer tenggara Manila tersebut.

"Letusan terbaru terjadi kemarin setelah dua lagi letusan menggelegar awal pekan lalu. Pemerintah terus memantau kondisi gunung Bulusan supaya kami dapat menjaga keselamatan 34.000 penduduk di 22 kampung dan lima kota terdekat," katanya.

Institusi pemantau gunung api Filipina berkata, ketika ini letusan berasal dari air bawah tanah yang bercampur dengan batu panas di dalam gunung setinggi 1.565 meter itu.

"Letusan ini memuntahkan debu dan awan panas ke udara. Debu dan awan panas itu menutupi lereng gunung dan kota  di sekitarnya," kata seorang petugas pemantau, Winchelle Ian Sevilla.

Katanya, penduduk yang berada di luar zona bahaya yaitu empat kilometer dari gunung Bulusan tidak perlu cemas ditimpa batu yang dimuntahkan gunung tersebut.

Pesawat terbang juga diberi peringatan agar menjauhi gunung itu karena dikhawatirkan tiba-tiba meletus. Menurutnya, walaupun Bulusan itu semakin aktif, tetapi tidak ada tanda magma di dalam gunung tersebut naik ke atas.(ray/jpnn)


MANILA - Pemerintah Filipina terus menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dengan meletusnya Gunung Bulusan yang telah memuntahkan awan panas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News