Gunung Dukoni Meletus, Puluhan Ribuan Masker Dibagikan

Gunung Dukoni Meletus, Puluhan Ribuan Masker Dibagikan
Ilustrasi. Foto dok Malut Post/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - ‎Pengoperasian Gunung Dukoni, Maluku Utara hari ini masih ditutup sementara. Pada Selasa (9/8) petang, terlihat kawah Gunung Dukono masih mengeluarkan asap disertai abu vulkanik condong ke barat laut.

Tinggi asap sekitar 800 meter dari puncak kawah.

"Adanya sebaran abu vulkanik menyebabkan Bandara Galela ditutup sejak Senin hingga Rabu (10/8) pukul 11.00 WIT. Hari ini penerbangan Wings Air jurusan Manado - Galela - Manado di-cancel," ujar Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Menurut Sutopo, ‎erupsi Gunung Dukono telah berlangsung sejak Sabtu (6/8) kemarin. BPBD Halmahera Utara telah membagikan masker ke masyarakat terdampak abu vulkanik sebanyak 10.650 lembar.

"PMI juga telah melakukan pembagian masker sebanyak 6.000 lembar," tutur Sutopo.

‎Status Gunung Dukono saat ini kata Sutopo, masih Waspada (level II). Radius 2 km dari puncak kawah tidak boleh ada aktivitas masyarakat.

Hingga saat ini belum ada pengungsian. Masyarakat telah diimbau agar tidak melakukan aktivitas berkebun hingga radius 5 km. (gir/jpnn)

 


JAKARTA - ‎Pengoperasian Gunung Dukoni, Maluku Utara hari ini masih ditutup sementara. Pada Selasa (9/8) petang, terlihat kawah Gunung Dukono


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News