JPNN.com

Gunung Soputan Meletus, Mobil Damkar Dikerahkan

Rabu, 06 Januari 2016 – 07:30 WIB Gunung Soputan Meletus, Mobil Damkar Dikerahkan - JPNN.com

TONDANO - Sejumlah wilayah di Minahasa tertutup abu vulkanik dari letusan Gunung Soputan Senin lalu. Daerah terparah adalah Langowan dan sekitarnya.

Pemkab Minahasa menyalurkan 3.500 masker serta memberikan sejumlah penangan bencana. "Kita sudah mengirim mobil Damkar untuk menyiram jalanan dan lokasi yang tertutup abu," kata Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS), usai memimpin rapat kerja awal tahun bersama seluruh SKPD, di ruang sidang, Selasa (5/1) kemarin.

"Selain Damkar, 3.500 masker sudah dikirim untuk dibagikan," tambahnya.

JWS menuturkan, masyarakat diimbau agar menggunakan masker yang dibagikan. "Ini bencana yang murni alam. Pemkab hanya bisa mencoba menanggulangi lewat bantuan seperti ini," tandas JWS.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPMPD) Johanis Pesik menuturkan, walau tak masuk wilayah Minahasa namun bencana letusan Gunung Soputan akan terus dipantau.

"Kami terus berkoordinasi, karena gunung Soputan berbatasan dengan Langowan yang merupakan wilayah Minahasa," katanya.

"Bupati sudah menginstruksikan penanggulangan bencana berupa mengirim Damkar dan membagikan masker," pungkas Pesik.

Diketahui, salah satu gunung api teraktif di Indonesia ini meletus, Senin (4/1) tengah malam. Letusan gunung disertai lahar api. Kemudian disusul semburan abu vulkanik dengan tinggi sekira 2.000 meter.

Diketahui, Gunung Soputan berada di wilayah Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara. Namun berbatasan dengan Kecamatan Langowan Barat, yang masuk Minahasa.(fgn/gnr/sam/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...