Guru Honorer Mogok Hari Ini, Besok Gelar Aksi Tolak Jokowi

Guru Honorer Mogok Hari Ini, Besok Gelar Aksi Tolak Jokowi
MOGOK: Para guru honorer di Karawang, Jawa Barat yang mogok mengajar, Senin (17/9) untuk menolak PermenPAN-RB Nomor 36 Tahun 2018. Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, KARAWANG - Gerakan penolakan atas rekrutmen CPNS 2018 makin gencar dilakukan honorer kategori dua (K2) di berbagai daerah. Di Karawang, Jawa Barat, para guru honorer memutuskan tidak mengajar pada hari ini (17/9).

Koordinator Daerah (Korda) Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Karawang Ahmad Gojali mengungkapkan, hari ini sekitar 4.000 koleganya melakukan aksi mogok mengajar sebagai bentuk protes atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2018. Selanjutnya, mereka berkumpul di gedung PGRI Karawang untuk menggelar aksi.

"Kami mogok kerja sebagai bentuk penolakan CPNS 2018 dan PermenPAN-RB 36/2018,” ujar Gojali kepada JPNN.

Aktivis yang akrab disapa dengan panggilan Kang Ajo itu menegaskan, para honorer akan menyerukan ajakan untuk menolak Joko Widodo (Jokowi) agar tak terpilih lagi. “Aksi dilanjutkan besok lewat aksi lebih besar lagi menolak Jokowi dua periode," tegasnya.

Gojali menuturkan, hingga pukul 09.00 WIB tadi proses belajar mengajar tidak berjalan. Ribuan siswa hanya bermain di halaman sekolah.

"Anak-anak tahu kalau gurunya lagi demo makanya mereka enggak bisa belajar. Mereka tetap masuk sekolah karena tidak ada instruksi sekolah diliburkan," tandasnya.(esy/jpnn)


Para guru honorer kategori 2 (K2) hari ini melakukan aksi mogok mengajar demi menolak PermenPAN-RB Nomor 36 Tahun 2018 tentang rekrutmen CPNS.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News