Guru Lulusan SMA Bisa Disertifikasi

Guru Lulusan SMA Bisa Disertifikasi
Guru Lulusan SMA Bisa Disertifikasi
JAKARTA--Mendapatkan sertifikasi guru ternyata tidak hanya untuk lulusan S1 saja. Guru lulusan SMA pun bisa mendapatkan sertifikat tersebut.Menurut Alvius Lomban, anggota Komite 3  DPD RI dari Dapil Sulawesi Utara (Sulut), tenaga pengajar yang lulusan SMA bisa disertifikasi seperti lulusan S1 atau S2. Dengan catatan, guru tersebut usianya 50 tahun dan masa kerjanya 20 tahun.

"Ini bentuk kemudahan yang diberikan pemerintah pada guru untuk meningkatkan kualitasnya," tutur Lomban yang dihubungi via ponsel, Senin (12/10).Lanjutnya, bagi yang tidak memenuhi syarat tersebut, bisa diambil kebijakan dengan memberikan pensiun. Karena tidak mungkin dia melanjutkan pendidikan S1 sampai batas waktu yang ditentukan pemerintah.

Dalam program sertifikasi, pemerintah menargetkan seluruh guru dari TK-SMA dan tenaga dosen selesai disertifikasi pada 2014.  Mengingat masih sedikitnya jumlah guru dan dosen yang disertifikasi, Depdiknas terus menggenjot agar target tersebut bisa tercapai. "Kami yakin bisa tercapai, apalagi saat ini banyak tenaga guru serta dosen yang disekolahkan kembali. Ini agar tenaga guru maupun dosen yang dihasilkan merupakan tenaga profesional," kata Direktur Profesi Pendidik Depdiknas Achmad Dasuki yang dihubungi terpisah, Senin (12/10). (esy/jpnn)

JAKARTA--Mendapatkan sertifikasi guru ternyata tidak hanya untuk lulusan S1 saja. Guru lulusan SMA pun bisa mendapatkan sertifikat tersebut.Menurut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News