Gaji Besar Tak Menjamin Kepuasan Karyawan

Disertasi Doktoral Bendahara Hanura di UNJ

Gaji Besar Tak Menjamin Kepuasan Karyawan
Gaji Besar Tak Menjamin Kepuasan Karyawan
JAKARTA – Pengusaha yang juga politisi, Bambang Sujagad Susanto, berhasil mempertahankan disertasi doktoralnya di hadapan sidang senat Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Setelah menjalani ujian disertasi di hadapan sidang terbuka Senat Guru Besar dan Dewan Penguji selama hampir satu setengah jam, Rabu (9/9) pagi, Bambang dinyatakan meraih predikat cum laude dengan nilai akhir 3,75 dan menjadi doktor ke 1.011 yang dihasilkan UNJ.

Bambang mengajukan disertasi berjudul Pengaruh Motivasi Kerja, Komunikasi dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan; Studi Kausal di PT Repindo Jagad Raya (2009). Dalam paparannya di hadapan panitia ujian doktor yang terdiri dari Profesor Dr Bedjo Sujanto M.Pd (ketua), Prof Dr H Djaali (Sektretaris) dan anggota antara lain Prof Dr Muchlis R Ludin (MA), Prof Dr Aris Pongtuluran MPH serta Dr Diding S Anwar, Bambang menguraikan bahwa gaji tinggi bukanlah faktor tunggal bagi kepuasan karyawan.

Menurutnya, peningkatan kinerja sangat tergantung pada motivasi. Jika motivasi meningkat, katanya, maka karyawan akan berupaya lebih keras demi meraih kepuasan kerja. Karena itu Bambang menegaskan perlunya komunikasi interpersonal di perusahaan PT Repindo Jagad Raya yang menjadi obyek penelitiannya.

’’Komunikasi itu penting, di antara karyawan terutama atasan ke bawahan, akan menimbulkan pengaruh pada motivasi. Soal kepemimpinan, pemimpin yang baik adalah yang memperhatikan kepentingan bawahan dan mengedepankan komunikasi interpersonal,” ucap pria kelahiran Purworejo, Jawa Tengah  itu.

JAKARTA – Pengusaha yang juga politisi, Bambang Sujagad Susanto, berhasil mempertahankan disertasi doktoralnya di hadapan sidang senat Universitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News