Jumat, 15 Desember 2017 – 03:58 WIB

Guru Punya Peran Strategis Gelorakan Optimisme

Minggu, 03 Desember 2017 – 04:33 WIB
Guru Punya Peran Strategis Gelorakan Optimisme - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) Bimo Joga Sasongko mengatakan, Hari Guru Nasional (HGN) 2017 harus dijadikan kesempatan untuk merancang postur guru nasional yang ideal guna meningkatkan daya saing bangsa.

Postur guru nasional yang jumlahnya sekitar tiga juta merupakan elemen bangsa yang sangat penting untuk membangun karakter dan optimisme bangsa serta mencetak SDM unggul.

“Kini, para guru memiliki peran strategis untuk menggelorakan optimisme. Sebab, optimisme adalah kunci proses memajukan bangsa. Apalagi, pada saat ini media pemberitaan dipenuhi oleh berita kelabu yang menyesakkan dada. Berita buruk seperti itu tentunya sangat berpengaruh terhadap psikologi warga bangsa serta pembentukan karakter generasi muda,” kata Bimo, Sabtu (2/12).

Dia menambahkan, menggelorakan optimisme Indonesia sebaiknya dijadikan agenda para guru dengan mengemukakan tajuk Indonesia Good News.

Hal itu bisa dilakukan dengan program konkret berupa gerakan Indonesia berkreasi dan berinovasi, gerakan Indonesia produktif hingga gerakan Indonesia menggapai supremasi peradaban dan iptek.

“Para guru bisa mengatasi fenomena kegalauan bangsa yang terus tayang di hadapan publik. Tanpa energi optimisme rakyat, maka negara ini akan terus terpuruk,” kata Bimo.

Dia menambahkan, guru memiliki peran strategis untuk menyadarkan bahwa Indonesia adalah negara besar dengan potensi luar biasa tetapi belum dioptimalkan.

Menurut Bimo, guru mampu berperan mewujudkan gerakan Indonesia kreatif dan inovatif.

SHARES
loading...
loading...
Komentar