Gus AMI Maju di Pilpres 2024? Begini Analisis Pakar, Tajam..

Gus AMI Maju di Pilpres 2024? Begini Analisis Pakar, Tajam..
Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus AMI. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Para ulama dari Jawa Barat berkumpul di Kemang Jakarta Selatan meminta Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Mereka meminta Gus AMI berani mengambil estafet kepemimpinan nasional.

Mandat itu disampaikan dalam acara doa bersama untuk bangsa saat memperingati Hari Lahir Pancasila di rumah dinas Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, di Jalan Kemang Selatan, Jakarta Selatan, Selasa (1/6) malam.

Pakar komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai, permintaan para ulama itu wajar.

Pasalnya Gus AMI merupakan Ketum PKB. Di sisi lain, pada Pileg 2019 partai itu mendulang 9,69 persen suara sehingga dinilai layak mengusung ketum untuk mewakili partai menengah.

"Posisinya sebagai Wakil Ketua MPR RI juga menjadikannya layak diusung menjadi capres," kata Jamil kepada JPNN.com, Rabu (2/6).

Penulis buku "Perang Bush Memburu Osama" itu juga menyatakan, alasan lain Gus AMI layak maju sebagai capres karena di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja.

"Pengalamannya menjadi menteri, wakil ketua MPR, dan Ketua Umum PKB, setidaknya telah mematangkan dirinya untuk memimpin Indonesia," ujar Jamiluddin.

Jamiluddin Ritonga menilai wajar permintaan para ulama agar Gus AMI maju di Pilpres 2024, tetapi..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News