Gus Dur Saja Disepak Muhaimin, Apalagi Cuma Saya

Gus Dur Saja Disepak Muhaimin, Apalagi Cuma Saya
Lily Wahid dan Effendie Choirie. Foto : JPPhoto
TERLAHIR dari darah biru Nahdlatul Ulama, Lili Chodidjah Wahid seolah ditakdirkan untuk tidak jauh dari percaturan politik di tanah air. Lili adalah adik kandung almarhum KH Abdurrahman Wahid. Ayahnya, tak lain mantan Menteri Agama KH Wachid Hasyim. Sedangkan kakeknya adalah sang pendiri NU, KH Hasyim Asy"ari.

Karenanya bagi Lili Wahid, politik ibarat menu wajib sehari-hari dalam diskusi keluarga besar mereka. Jabatan politik sudah dirintisnya sejak masih muda, hingga akhirnya mengantarkan perempuan kelahiran Jombang, 4 Maret 1948 ini duduk sebagai anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Namun akhir-akhir ini, pilihan politik PKB untuk berkoalisi dengan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, dinilai Lily sudah kebablasan. Beberapa kali, Lily memilih membuat keputusan kontroversial seperti mendukung Angket Century dan Angket Pajak (meski akhirnya Angket pajak gagal). Padahal PKB jelas berkoalisi dengan pemerintah menentang terbentuknya dua hak angket tersebut.

Sikap tegas pun diambil PKB yang dipimpin Muhaimin Iskandar, yang tak lain masih kerabat dekat Lili Wahid. Bersama Effendie Choirie, Lily harus menerima keputusan recall dari keanggotaan DPR oleh partai yang didirikan kakan kandungnya sendiri.

TERLAHIR dari darah biru Nahdlatul Ulama, Lili Chodidjah Wahid seolah ditakdirkan untuk tidak jauh dari percaturan politik di tanah air. Lili adalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News