Gus Dur Ternyata Dekat Dengan Dunia Gaib

Gus Dur Ternyata Dekat Dengan Dunia Gaib
Gus Dur Ternyata Dekat Dengan Dunia Gaib
JAKARTA-Mendiang Presiden Abdurrahaman Wahid atau yang biasa disapa Gus Dur, ternyata juga sangat dekat dengan dunia gaib. Bahkan kegandrungannya akan hal ini menurut Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, cukup banyak diketahui oleh orang-orang dekatnya semasa Gus Dur masih hidup.

“Gus Dur sering (sebelum) mengambil keputusan, konsultasi (terlebih) dahulu dengan dunia gaib,”ungkap Mahfud yang selama ini dikenal cukup dekat dengan almarhum Gus Dur.

Mahfud masih ingat ketika dirinya menjabat Menteri Pertahanan di era kepemimpinan Gus Dur. Ketika itu ada sebuah keputusan yang sangat krusial yang harus segera diambil. “Beliau (Gus Dur,red) mengatakan, coba nanti saya mau ketemu dengan Mbah Hasyim dulu. Atau kadang-kadang ia sebut akan bertemu dengan Sunan Kalijaga,”ungkapnya yang mengaku saat itu sering tidak paham akan maksud tersebut.

Ia hanya mengetahui bahwa yang disebut Mbah Hasyim, merupakan almarhum sang kakek, KH Hasyim Ashari yang telah lama tiada. “Beliau sering mengatakan begitu.” Dan hal-hal tersebut, tidak hanya dikemukakan kepada Mahfud semata, namun juga segelintir orang-orang lainnya yang cukup dekat dengan Gus Dur.

JAKARTA-Mendiang Presiden Abdurrahaman Wahid atau yang biasa disapa Gus Dur, ternyata juga sangat dekat dengan dunia gaib. Bahkan kegandrungannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News