Gus Halim: Capaian Tahun 2022 Modal Besar Pembangunan Desa

Gus Halim: Capaian Tahun 2022 Modal Besar Pembangunan Desa
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) saat membuka Rapat Kerja Kementerian Desa, PDTT di Hotel Aston, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (11/1/2023) sore. Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, KUPANG - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) memberikan apresiasi atas berbagai capaian pembangunan desa di tahun 2022.

Berbagai capaian tersebut akan menjadi kerangka dasar rencana dan target kerja Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) hingga tahun 2024.

“Pencapaian di tahun 2022 ini, dapat menggambarkan, memproyeksikan kemampuan kita dalam memenuhi capaian target kinerja sampai dengan tahun 2024. Saya optimistis jika kita bisa lebih baik lagi tahun ini,” ujar Gus Halim saat membuka Rapat Kerja Kementerian Desa, PDTT di Hotel Aston, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (11/1/2023) sore.

Gus Halim mengungkapkan capaian kerja Kemendes PDTT cukup baik. Hal ini ditandai oleh beberapa indikator yakni capaian kinerja serapan anggaran, kian berkurangnya jumlah desa dengan status sangat tertinggal dan desa tertinggal, serta kian bertambahnya jumlah desa dengan status maju dan mandiri.

“Serapan anggaran ada peningkatan, lalu desa sangat tertinggal berkurang hingga 8.471 desa, desa tertinggal berkurang hingga 24.008 desa, desa maju bertambah 16.641 desa, dan desa mandiri bertambah 6.064 desa,” ujarnya.

Gus Halim menegaskan segala kekurangan dalam memenuhi target kinerja harus terus diperbaiki.

Hal itu karena keberhasilan pembangunan di tahun 2022 lalu, sangat berpengaruh dengan pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menenggah Nasonal (RPJMN) dan isu strategis lainnya.

“Kita tangkap semua peluang. Pasalnya, tahun 2022 ini (Kemarin, red) adalah tahun yang krusial dalam pencapain target RPJMN tahun 2020-2024,” tegas cicit pendiri NU, Kiai Bisri Syansuri tersebut.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) mengapresiasi berbagai capaian pembangunan desa di tahun 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News