Gus Halim: Desa Berperan Strategis dalam Konvergensi Stunting untuk Ibu Hamil dan Anak

Gus Halim: Desa Berperan Strategis dalam Konvergensi Stunting untuk Ibu Hamil dan Anak
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigras Abdul Halim Iskandar alias Gus Halim bersama sejumlah anak Indonesia. Foto: Dokumentasi Humas Kemende PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan desa memiliki peran strategis dalam pendekatan konvergensi stunting yang dilakukan secara terkoordinir, terintegrasi, dan serentak terhadap kualitas gizi masyarakat.

Menurutnya, Peran penting desa akan meningkatkan perbaikan gizi pada ibu hamil dan balita yang menjadi sasaran prioritas program pencegahan stunting.

Peran strategis desa dalam konvergensi stunting, di antaranya dilaporkan desa dalam pencairan dana desa.

Karena itu, desa wajib melaporkan rencana dan kegiatan konvergensi stunting saat pencairan dana desa periode terakhir.

"Desa diharapkan berperan dalam kebijakan konvergensi stunting untuk ibu hamil serta untuk anak di bawah dua tahun," kata Abdul Halim Iskandar, Sabtu (29/4).

Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini memaparkan data profil desa yang setiap tahun dikumpulkan untuk pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) menunjukkan bahwa pada 2022 di desa ada sebanyak 3.036.289 ibu hamil, dan 5.332.928 anak di bawah 2 tahun.

Dari data tersebut, sebanyak 169.584 ibu hamil menerima bantuan penanganan khusus dalam tenggat waktu satu bulan.

"Namun, masih ada 169.584 ibu hamil yang mengalami kekurangan energi kronis sehingga mereka mendapat kunjungan rumah bulanan," sebut Gus Halim.

dAbdul Halim Iskandar alias Gus Halim berharap desa berperan strategis dalam konvergensi stunting untuk ibu hamil dan anak di bawah 2 tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News