Gus Is: Pegang Alquran di HP Tidak Wajib Wudu

Gus Is: Pegang Alquran di HP Tidak Wajib Wudu
Alquran. Foto: pixabay

jpnn.com, MALANG - Keberadaan aplikasi islami di dalam handphone (ponsel) memang memudahkan. Aplikasi-aplikasi itu biasanya memuat berbagai informasi seperti waktu salat sampai Alquran digital disertai terjemahannya.

Tentunya, ada perlakuan berbeda yang harus diketahui saat membawa Alquran dalam mushaf (kitab buku) dan Alquran dari aplikasi yang ada di ponsel.

Ketua PC NU Kota Malang KH. Isroqunnajah menyatakan, secara umum sebenarnya membaca Alquran dari mushaf maupun digital di ponsel itu sama saja. ”Kalau membaca memang sunah untuk berwudu,” kata dia.

Hanya saja, yang membedakan saat memegang. Saat memegang Alquran dalam bentuk mushaf (lembaran kertas) diwajibkan berwudu.

Sementara untuk Alquran di aplikasi tidak diwajibkan. Kenapa? ”Ketika Alquran itu ada di aplikasi ponsel, namun ada aplikasi lainnya, itu sama seperti saat memegang Alquran terjemahan dalam bentuk mushaf,” kata pria yang akrab disapa Gus Is itu.

BACA JUGA: Dana Talangan Pembebasan Lahan Tol Probolinggo Banyuwangi Belum Cair

Sebab, dia melanjutkan, informasinya, bahasa latinnya, lebih dominan daripada bahasa Arab. Sehingga diperbolehkan, meski tidak wudu.

”Ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa (memegang) Alquran terjemahan itu tidak membutuhkan wudu,” lanjut dia.

Ada perlakuan berbeda yang harus diketahui saat membawa Alquran dalam mushaf (kitab buku) dan Alquran dari aplikasi yang ada di ponsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News