Gus Jazil Mengajak Menghidupkan Tradisi Lailatul Ijtima

Kunjungi MWC NU Tanah Abang

Gus Jazil Mengajak Menghidupkan Tradisi Lailatul Ijtima
Wakil Ketua MPR RI Dr Jazilul Fawaid SQ MA menghadiri acara Lailatul Ijtima' yang digelar MWC NU Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (18/3) malam. Foto: MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Dr Jazilul Fawaid SQ MA mengajak seluruh jajaran pengurus dan kader Nahdlatul Ulama semua tingkatan di DKI Jakarta terus menghidupkan dan melestarikan kegiatan lailatul ijtima yang sudah menjadi tradisi warga NU.

Menurutnya, lailatul ijtima merupakan tradisi yang sudah cukup lama dilakukan di kalangan NU.

Dia menjelaskan para ulama NU terdahulu sengaja membuat forum lailatul ijtima yang berarti pertemuan pada malam hari.

Jazilul menjelaskan alasannya karena malam merupakan waktu yang istimewa, terutama untuk menjalankan kegiatan-kegiatan spiritualitas.

"Peristiwa spiritual itu selalu terjadi pada malam hari. Peristiwa turunnya Alquran pada malam Lailatul Qadar. Begitu pula peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW juga pada malam hari," tutur Jazilul saat menghadiri acara Lailatul Ijtima' yang digelar MWC NU Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (18/3) malam.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Institut Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta ini menjelaskan dalam Alquran, juga ada perintah menjalankan salat tahajud pada malam hari.

Dia mengatakan dalam Alquran Surah Al Isra disebutkan, “Dan pada sebagian malam, sembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."

“Maksudnya ada lailatul ijtima agar hendaknya menghidupkan malam dengan mengamalkan sunah-sunah Rasulullah SAW, seperti membaca selawat Nabi atau majelis ilmu. NU menghidupkan yang disebut dengan lailatul ijtima itu agar malam itu menjadi tempat untuk memompa spiritualitas," paparnya.

Wakil Ketua MPR RI Dr Jazilul Fawaid SQ MA mengajak seluruh jajaran pengurus dan kader Nahdlatul Ulama semua tingkatan di DKI Jakarta terus menghidupkan dan melestarikan kegiatan lailatul ijtima yang sudah menjadi tradisi warga NU.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News