Gus Jazil Minta Umat Islam Teladani Cara Nabi Mengelola Keragaman

Gus Jazil Minta Umat Islam Teladani Cara Nabi Mengelola Keragaman
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid atau akrab disapa Gus Jazil. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengajak kepada umat Islam menjadikan momentum Maulid meneladani cara Nabi Muhammad mengelola keragaman.

Politisi PKB yang akrab disapa Gus Jazil itu menyampaikan Nabi tidak hanya mengajarkan umat-Nya untuk urusan akhirat saja, seperti cara beribadah dan lainnya.

Namun Nabi juga banyak memberi teladan untuk urusan keduniawian. Mulai dari soal dagang, hingga cara hidup berdampingan dengan umat yang berlainan agama.

“Dalam urusan dagang, Nabi banyak memberi resep bagaimana dagangan kita laris tanpa berbuat curang atau merugikan orang lain. Intinya adalah menekankan kejujuran,” kata Gus Jazil di Jakarta, Senin (18/10).

Gus Jazil mengatakan Nabi juga punya resep bagaimana cara hidup berdampingan dengan umat yang beragam yang perlu diteladani umat Islam.

“Nabi tidak hanya hidup berdampingan dengan umat yang lain, namun juga membuat perjanjian dengan mereka,” ungkapnya.

Diceritakan oleh Gus Jazil, pada masa itu di Madinah hidup berbagai macam umat beragama dan kepercayaan yang lain.

Di kalangan ummat Islam sendiri juga ada dua kelompok, yakni kaum Muhajirin dan Ansar. Perbedaan yang ada oleh Nabi ingin dipersaudarakan, disatukan, dengan ikatan hukum yang disepakati bersama.

“Sebelum mempersaudarakan umat Islam dengan umat yang lain, Nabi lebih dahulu mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Ansar. Jadi Nabi lebih dahulu menyelesaikan masalah internal umat Islam,” jelasnya.

Setelah sesama umat Islam saling bersaudara, selanjutnya Nabi membuat perjanjian dengan umat-umat yang lain.

Gus Jazil mengingatkan umat Islam bahwa Nabi tidak hanya mengajarkan urusan akhirat saja,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News