Gus Menteri: Digitalisasi Ekonomi Desa Mempercepat Pembangunan

Gus Menteri: Digitalisasi Ekonomi Desa Mempercepat Pembangunan
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menjadi pembicara kunci webinar yang digelar Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Senin (16/11). Foto: Humas Kemendes PDTT.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (Gus Menteri) mengatakan digitalisasi menjadi bagian penting sebagai upaya untuk mempercepat pembangunan desa.

“Kenapa digitalisasi menjadi bagian penting? Kita tidak bisa kemudian terus melakukan atau berposisi pada posisi hari ini di mana tuntutan zaman, tuntutan perkembangan, tuntutan situasi terus bergerak menuju pada satu situasi yang disebut zaman digital,” ujar
Gus Menteri.

Gus Menteri menyampaikan itu saat menjadi pembicara kunci webinar yang digelar Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Senin (16/11).

Gus Menteri menambahkan desa sebagai bagian penting dari sebuah proses pembangunan tidak boleh bertahan pada posisi-posisi yang lama, tetapi harus bergerak menyesuaikan zaman yang serba-digital.

"Maka dari itu, digitalisasi ekonomi desa menjadi salah satu program utama atau prioritas utama di dalam upaya pembangunan desa di Kemendes PDTT,” kata doktor honoris causa dari UNY ini.

Gus Menteri mengatakan digitalisasi ekonomi desa juga menjadi bagian penting dari digitalisasi desa. 

“Jadi bicara digitalisasi itu sebenarnya kalau makronya ya digitalisasi desa, tetapi yang menjadi prioritas hari ini adalah digitalisasi ekonomi desa,” kata mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Menurut Gus Menteri, alasan digitalisasi ekonomi desa menjadi prioritas utama terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 ini adalah untuk memudahkan memasarkan berbagai potensi dan berbagai produk yang dihasilkan desa.

Gus Menteri mengatakan digitalisasi ekonomi desa menjadi salah satu prioritas utama upaya pembangunan desa di Kemendes PDTT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News