JPNN.com

Gus Menteri: Studi Banding Antardesa Untuk Mempercepat Pembangunan

Rabu, 28 Oktober 2020 – 16:24 WIB
Gus Menteri: Studi Banding Antardesa Untuk Mempercepat Pembangunan - JPNN.com
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat menghadiri studi banding antardesa di Bantul, Yogyakarta, Rabu (28/10). Foto: Humas Kemendes PDTT.

jpnn.com, BANTUL - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menghadiri studi banding antar desa yang dilakukan oleh sembilan kepala desa dari Jombang ke desa Panggungharjo Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.

Dalam acara studi banding di balai desa Panggungharjo, pada Rabu (28/10) itu, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar didampingi oleh Plt Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Taufik Madjid, Dirjen Pengembangan Kawasan Perdesaan Harlina Sulistyorini, dan Plt Irjen Kemendes PDTT Ekatmawati.

Alasan menjadikan desa Panggungharjo sebagai tempat studi banding antara lain karena desa itu tercatat sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. Karena itu, Gus Menteri -panggilan Abdul Halim Iskandar menjadikan desa tersebut sebagai desa percontohan.

Pada kesempatan itu Gus Menteri meminta kepala desa ketika merancang pembangunan agar mencontoh model pembangunan desa yang sudah berhasil, salah satunya di Panggungharjo.

“Nyontoh, enggak usah ragu-ragu. Nah, cari contoh-contoh yang sesuai, dibawa yang bagus-bagus. Yang cocok ditaruh, disesuaikan, dilaksanakan. Yang tidak cocok tidak usah dipaksakan," ucap Gus Menteri.

Dengan mencontoh model pembangunan desa yang sudah berhasil, hal itu menurutnya akan mempermudah dan mempercepat pembangunan desa itu sendiri.

"Karena pembangunan desa yang paling cepat, efektif dan efisien adalah dengan mencontoh desa-desa yang sudah berhasil," kata mantan ketua DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Melalui studi banding itu dia berharap sembilan kepala desa dari Jombang bisa  memanfaatkan kesempatan yang untuk belajar dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa menularkan pengetahuan yang didapat ke desa-desa di sekitarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra