Gus Yaqut Sebut 40 Persen ASN Kemenag Kurang Profesional, Penyebabnya Bikin Kaget

Gus Yaqut Sebut 40 Persen ASN Kemenag Kurang Profesional, Penyebabnya Bikin Kaget
Gus Yaqut Sebut 40 Persen ASN Kemenag Kurang Profesional. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan sebanyak 40 persen aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) kurang profesional.

Data tersebut diperoleh dari survei indeks profesionalisme dan moderasi beragama (IPMB) pada 27 Desember 2022. 

Survei tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan basis computer assisted test (CAT) yang diikuti lebih dari 214 ribu ASN Kemenag.

Ini adalah survei perdana terkait IPMB yang digelar Kemenag. Kemenag juga menjadi badan/lembaga negara pertama yang menyelenggarakannya.

"Alhamdulillah kami sudah menginisiasi. Langkah ini penting untuk peningkatan profesionalisme ASN Kemenag," tegas Gus Yaqut, sapaan menag, Rabu (4/1).

Dia menyebutkan kurang profesionalnya 40 persen itu karena mereka belum pernah mengikuti diklat pada jabatan yang diembannya dalam dua tahun terakhir.

Dijelaskan Menag Yaqut, hasil survei IPMB menjadi basis data penting untuk merumuskan langkah tindak lanjut. Kompetensi ASN sudah makin terpetakan.

"Saya sudah minta Sekjen, Kepala Biro Kepegawaian, dan Kepala Balitbang-Diklat untuk mengambil langkah strategis terkait kediklatan. Ke depan, mereka secara bertahap akan diikutkan pada diklat," tegasnya.

Gus Yaqut menyebut 40 persen ASN Kemenag kurang profesional, penyebabnya bikin kaget

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News