Gus Zaki: Keluarga Ponpes Tebuireng Dukung Jokowi - Ma'ruf, Bukan Prabowo - Sandi

Gus Zaki: Keluarga Ponpes Tebuireng Dukung Jokowi - Ma'ruf, Bukan Prabowo - Sandi
KH Agus M Zaki Hadzik alias Gus Zaki. Foto: Istimewa

jpnn.com, JOMBANG - Pengasuh Pesantren Al Masruriyyah Tebuireng KH Agus M Zaki Hadzik alias Gus Zaki mengatakan, dukungan keluarga besar Pesantren Tebuireng Jombang kepada duet Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin sangat solid.

Mayoritas keluarga, pengurus, alumni, dan santri pesantren peninggalan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari itu bergerak untuk pasangan nomor 01, terlebih ada sosok Kiai Ma’ruf yang merupakan ulama sekaligus alumnus Tebuireng.

”Kabar yang beredar bahwa Tebuireng mendukung Pak Prabowo dan Pak Sandiaga itu tidak benar. Mayoritas keluarga besar Tebuireng mendukung Jokowi-Kiai Maruf. Dari dzurriyah (keturunan) KH Hasyim Asyari, ada Ning Yenny Wahid, Gus Ipang Wahid, Gus Aizudin Abdurrahman, semuanya ke 01,” ujar Gus Zaki, Selasa (19/3).

Gus Zaki merasa perlu menegaskan hal tersebut karena beredar kabar di tengah masyarakat bahwa Ponpes Tebuireng mendukung Prabowo-Sandi.

”Sebelumnya juga sudah ada Barisan Gus dan Santri Bersatu (Baguss) yang mendukung 01, itu dikomandoi Gus Ipang Wahid, putra KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah),” ujar cucu KH Hasyim Asyari tersebut.

(Bacalah: Jokowi Resmikan Museum dan Ziarah ke Makam Kiai di Tebuireng)

Dia memaparkan, KH Ma’ruf adalah alumnus senior Tebuireng. Selama enam tahun, dia mondok di pesantren tersebut. Ma’ruf juga belajar di MTS dan MA Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng, unit pendidikan formal tertua di Tebuireng,

”Jadi pasangan Jokowi-Ma’ruf ini justru menjadi inspirasi dan motivasi bagi para santri untuk berbuat lebih bagi kemajuan bangsa,” ujarnya.

Gus Zaki mengatakan dukungan keluarga besar Pesantren Tebuireng Jombang kepada duet Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin sangat solid.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News