Gus Zaki: Ma'ruf Amin adalah Ilham Buat Santri Tebuireng

Gus Zaki: Ma'ruf Amin adalah Ilham Buat Santri Tebuireng
KH Ma'ruf Amin. Foto: Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Pengasuh Pondok Pesantren Al Masruriyyah Tebuireng KH Agus M Zaki Hadzik (Gus Zaki) menilai kandidat calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin sebagai sosok inspiratif buat santri-santri Pondok Pesantren Tebuireng untuk berbuat lebih memajukan bangsa.

Ma'ruf merupakan alumnus di MTS dan MA Salafiyah Syafi’iyah, pendidikan formal tertua di Tebuireng. “Kiai Ma'ruf inspirasi atau ilham, sekaligus motivasi bagi para santri, terlebih beliau adalah alumnus Tebuireng,” kata Gus Zaki dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Rabu (20/3).

Kiai Ma'ruf diketahui pernah enam tahun mondok di Tebuireng. Menurut dia, Ma'ruf sangat dekat dengan umat dan perannya dalam pemberdayaan umat sudah teruji, baik selaku Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) maupun sebagai Mustasyar PB NU yang sebelumnya menjabat rais aam.

“Beliau juga merupakan ahli kebijakan ekonomi umat, pegiat ekonomi Islam, berdiri di garis depan memperjuangkan penerapan keuangan syariah,” ucapnya.

(Bacalah: Cak Imin: Ma'ruf Amin 90, Sandiaga Uno 10)

Kiai Ma’ruf, kata dia, merupakan dewan pengawas syariah di sejumlah bank syariah, juga terlibat di Komite Pengembangan Jasa Keuangan Syariah Otoritas Jasa Keuangan. ”Itu semua bakti Kiai Ma’ruf untuk umat. Beliau adalah inspirasi santri dan keluarga Tebuireng bangga dengan beliau,” katanya.

Untuk itu menurutnya, keluarga besar Pesantren Tebuireng Jombang memberikan dukungan kepada duet Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin, bukan pasangan calon lain. Dia juga membantah kabar Tebuireng tak mendukung Jokowi-Kiai Ma’ruf.

“Mayoritas sepakat memilihnya, dari dzurriyah (keturunan) KH Hasyim Asyari, ada Ning Yenny Wahid, Gus Ipang Wahid, hingga Gus Aizudin Abdurrahman,” katanya. (*/adk/jpnn)


Keluarga besar Pesantren Tebuireng Jombang memberikan dukungan kepada duet Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News