H+3 Lebaran, Arus Lalu Lintas ke Arah Puncak Bogor Mulai Padat

H+3 Lebaran, Arus Lalu Lintas ke Arah Puncak Bogor Mulai Padat
Kondisi arus kendaraan ke arah kawasan Puncak di Tol Jagorawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/4/2024). (Antara).

jpnn.com - BOGOR - Arus lalu lintas kendaraan ke arah kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (13/4) pagi atau H+3 Lebaran 2024 mulai padat.

Kepadatan itu ditandai dengan terjadinya antrean mulai dari keluar Tol Jagorawi, akses keluar ke arah Simpang Gadog maupun keluar ke arah Pasar Ciawi. PT Jasamarga memberlakukan rekayasa lalu lintas lawan arus atau contraflow di ruas Tol Jagorawi tersebut,

"Untuk mengurai kepadatan lalu lintas silaturahmi dan wisata di ruas Tol Jagorawi pada pukul 06.18 WIB, atas diskresi kepolisian, telah diberlakukan contraflow," kata Senior Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Alvin Andituahta Singarimbun.

Dengan adanya contraflow di ruas tol tersebut, lajur yang bisa dilalui kendaraan ke arah Puncak bertambah dari dua menjadi tiga, plus bahu jalan. Sementara, arus dari arah sebaliknya dibatasi pembatas jalan menjadi satu lajur plus bahu jalan.

Adapun contraflow itu diberlakukan hanya sekitar 2 kilometer mulai dari KM 44+500 hingga KM 46+500, atau dari Gerbang Tol Ciawi hingga ke kawasan Gadog, guna memisahkan arus kendaraan antara dua akses keluar Tol Jagorawi yang berdekatan.

Sementara itu, kondisi arus lalu lintas kendaraan ke arah sebaliknya dalam kondisi normal. Begitu pula arus kendaraan yang melaju ke arah Sukabumi melalui Tol Bocimi masih dalam kondisi normal karena hanya digunakan satu arah.

Adapun arus lalu lintas di Puncak pada momen libur Lebaran 2024 ini diatur oleh kepolisian dengan sistem menghitung jumlah kendaraan yang masuk maupun yang keluar kawasan Puncak. Polisi pun bakal melakukan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way demi mengurai kepadatan.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus balik Idulfitri 1445 Hijriah terjadi pada Minggu (14/4) dan Senin (15/4), sehingga pemudik diimbau menghindari puncak arus balik tersebut dengan kembali lebih awal atau lebih lambat.

Arus lalu lintas kendaraan ke arah kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (13/4) pagi atau H+3 Lebaran 2024 mulai padat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News