Haaah...Makan Mie Instan Setiap Hari Ternyata Bagus untuk Kesehatan

Haaah...Makan Mie Instan Setiap Hari Ternyata Bagus untuk Kesehatan
Haaah...Makan Mie Instan Setiap Hari Ternyata Bagus untuk Kesehatan

jpnn.com - JAKARTA--‎Mengonsumsi mie instan tiap hari ternyata bisa menjaga kesehatan terutama bagi para penderita diabetas. Namun, bukan mie instan yang berbahan dasar terigu melainkan sagu.

‎Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Teknologi Agroindustri (PTA) – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Selain itu, dari segi keawetan jika disimpan dengan kadar air sama, mie sagu akan lebih tahan lama dibanding mie terigu.

"Sagu memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga mie berbahan dasar sagu tidak memiliki efek negatif bagi usus. Sedangkan terigu kaya akan gizi lainnya seperti protein dan lemak yang memiliki sifat mengembang," kata Hasyim Bintoro, pakar sagu dari Institut Pertanian Bogor ‎(IPB), Rabu (25/5).

Perekayasa PTA BPPT ini‎ menambahkan, bila sagu dimanfaatkan secara optimal, sangat mungkin menggantikan komoditas penghasil karbohidrat lainnya (padi, jagung, gandum, dan lain-lain). Bahkan hasil penelitian BB Pasca panen menunjukkan pati sagu di Papua telah memenuhi SNI. 
‎‎
Namun demikian, para ahli melihat pengembangan tanaman sagu di Indonesia masih sangat terbatas dibandingkan dengan pengembangan pangan lainnya. Bahkan di Maluku, tempat di mana sagu merupakan pangan utama, saat ini cenderung beralih ke beras.

Menurut para ahli, hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti banyak transmigran dan pemerintah daerah yang men–konversi lahan sagu menjadi lahan sawah yang tentunya berakibat pada turunnya produksi sagu. Selain dari itu, banyak masyarakat setempat maupun nasional beranggapan bahwa beras merupakan komoditas yang lebih “bergengsi” dan meningkatkan status sosial dibandingkan dengan menanam sagu. ‎

“Sagu adalah sebuah komoditas yang potensial dan menarik. Saya yakin bila dikelola baik dan berkelanjutan, tidak akan diragukan lagi selain mendukung komitmen pemerintah dalam ketahanan pangan, juga bisa menjadi sumber pangan potensial untuk memenuhi kebutuhan kalori seluru penduduk Indonesia,” tutup Prof Hasyim. (esy/jpnn)


JAKARTA--‎Mengonsumsi mie instan tiap hari ternyata bisa menjaga kesehatan terutama bagi para penderita diabetas. Namun, bukan mie instan yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News