Jumat, 24 November 2017 – 12:14 WIB

Hadeh! Korsel Mulai Merasa Dikibuli Donald Trump

Jumat, 21 April 2017 – 07:52 WIB
Hadeh! Korsel Mulai Merasa Dikibuli Donald Trump - JPNN.COM

Donald Trump. Foto: AP

jpnn.com, SEOUL - AS, di bawah kepemimpinan Donald Trump tampaknya tak hanya membuat kesal musuh-musuhnya seperti Korea Utara dan Suriah. Korea Selatan yang selama ini menjadi teman setia pun mulai kesal kepada Paman Sam.

Demikian tulis beberapa media Korea Selatan (Korsel). Bahkan beberapa media menyebut hubungan AS-Korsel saat ini sedang berada di titik terendah.

Korsel kecewa karena jaminan keamanan yang dijanjikan AS berupa kapal perang USS Carl Vinson tak pernah tiba.

Pekan lalu, Trump merespons ulah Korut yang beberapa kali menguji coba rudal balistiknya dengan janji mengirimkan kapal perang di perairan Semenanjung Korea.

Namun, kapal tersebut tidak pernah berada di lokasi yang disebut-sebut Trump. Sebab, sesungguhnya mereka menuju Australia untuk berlatih perang bersama.

Sejak Semenanjung Korea terbelah, Korsel memang dekat dengan AS. Sementara itu, Korut justru mesra dengan Tiongkok.

”Apa yang dikatakan Trump sangat penting untuk keamanan nasional Korsel. Jika itu adalah kebohongan, selama masa jabatan Trump, Korsel tidak akan percaya apa pun yang dia katakan,” ujar kandidat presiden Korsel Hong Joon-pyo kemarin (20/4).

Beberapa pakar politik internasional yang fokus meneliti Korut menyebutkan bahwa ancaman pengiriman kapal induk itu adalah gertakan semata.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
loading...
loading...
Komentar