Hadir di GIIAS 2022, Ban Lunar Rover Tire Siap Dibawa Jelajah Bulan Sejauh Ribuan Mil

Hadir di GIIAS 2022, Ban Lunar Rover Tire Siap Dibawa Jelajah Bulan Sejauh Ribuan Mil
Ban prototype Bridgestone Lunar Rover Tire mejeng di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE, BSD, Tangerang. Foto: Bridgestone

jpnn.com, TANGERANG - Ban prototype Bridgestone Lunar Rover Tire menyedot banyak perhatian pengujung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE, BSD, Tangerang.

Banyak dari mereka penasaran ingin berfoto dengan ban yang bisa berjalan di bulan itu di Booth Bridgestone.

Latar belakang dari ban canggih itu, pada April 2019 Bridgestone ikut terlibat dalam misi eksplorasi luar angkasa internasional bersama Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Bridgestone mendapatkan misi untuk mengembangkan ban khusus yang bisa menahan kondisi keras di Bulan.

Tidak seperti di Bumi, permukaan Bulan dipenuhi campuran debu yang sangat halus, bermuatan listrik, abrasif, dan tajam.

Belum lagi ditambah oleh bebatuan keras dan puing-puing lainnya, sehingga diperlukan bahan yang kuat untuk menghadapi semua itu.

Dalam misi “menaklukkan” Bulan, Bridgestone membentuk tapak ban yang terbuat dari bahan logam elastis seperti wol baja yang dibentuk menjadi tali tebal ban.

Setiap ban memiliki tampilan dua yang ditempatkan tepat bersebelahan dengan tapak berlawanan dan terinspirasi dari pola kuku unta.

Polanya membantu ban membawa beban tanpa menembus pasir terlalu dalam.

Ban Bridgestone Lunar Rover Tire menyedot banyak perhatian pengujung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE, BSD, Tangerang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News