Hadir di Sidang Umum Interpol, Ini Poin yang Dibahas Kapolri

Hadir di Sidang Umum Interpol, Ini Poin yang Dibahas Kapolri
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, DUBAI - Kapolri Jenderal Tito Karnavian hadir dalam Sidang Umum Interpol ke-87 yang digelar di Madinat Jumeitah Convention Events Centre, Dubai, Uni Emirat Arab pada 18 November 2018.

Tito menerangkan, dalam sidang umum itu, dibahas tentang penanggulangan kejahatan transnasional.

“Agenda pokok adalah perumusan strategi global dalam penanggulangan kejahatan transnasional melalui optimalisasi kerja sama antar kepolisian negara dan peningkatan kapabilitas institusi kepolisian anggota Interpol,” kata Tito melalui keterangannya, Minggu (18/11).

Tito mengatakan, upaya penanggulangan kejahatan transnasional yang akan dibahas nantinya berupa cara meningkatkan kerja sama antarkepolisian negara, dengan mempermudah pelaksanaan bantuan timbal balik masalah pidana.

“Kemudian, upaya global dalam penanggulangan kejahatan siber dan terorisme serta optimalisasi berbagai inovasi berbasis teknologi dalam penegakan hukum,” sambung dia.

Mantan Kapolda Papua ini menambahkan, agenda utama yang akan digelar pada sidang umum Interpol kali ini adalah pemilihan Presiden Interpol dan beberapa anggota Komisi Eksekutif Interpol.

“Ada dua kandidat yang direncanakan akan maju mengikuti pemilihan Presiden Interpol, yaitu Wakil Presiden Interpol saat ini berasal dari Korea Selatan dan Kepala NCB-Interpol Rusia saat ini menduduki jabatan selaku Wakil Presiden Interpol kawasan Eropa,” jelas dia.

Di samping itu, Tito diagendakan akan menggelar berbagai pertemuan bilateral antara lain dengan Menteri Dalam Negeri Uni Emirat Arab, Wakil Jaksa Agung Amerika Serikat, Kepala Kepolisian Kanada, Kepala Kepolisian Ukraina, Kepala Kepolisian Hong Kong dan Kepala NCB-Interpol Rusia. (cuy/jpnn)


Agenda utama yang akan digelar pada sidang umum Interpol kali ini adalah pemilihan Presiden Interpol dan beberapa anggota Komisi Eksekutif Interpol.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News