Hadir di Y20, Menteri KLHK: Generasi Muda Berperan Besar Mengatasi Krisis Lingkungan

Hadir di Y20, Menteri KLHK: Generasi Muda Berperan Besar Mengatasi Krisis Lingkungan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya pada acara pembukaan Forum Y20 Indonesia 2022, 3rd Pre-Summit di Balikpapan, Sabtu (21/5/2022). Foto: KLHK

jpnn.com, BALIKPAPAN - Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Indra Dwi Prasetyo menekankan pentingnya bertindak sekarang untuk menyelamatkan bumi.

Menurut Indra, anak muda memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan planet yang berkelanjutan dan layak huni.

Pesan itu dia sampaikan pada Pra-KTT Ketiga Y20 Indonesia, yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (21/5).

Menurut Indra, cara kita hidup di bumi, baik itu penggunaan sumber daya dan produksi limbah yang berlebihan maupun ekonomi linier perlu diubah.

“Kekuatan, suara, networking dan koneksi anak muda perlu dimanfaatkan oleh forum ini untuk membantu membangun kembali koneksi dengan alam demi masa depan yang berkelanjutan untuk semua," ungkap Indra.

Sementara itu, Plt Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Jonni Mardizal mengatakan, isu planet yang berkelanjutan dan layak huni harus menjadi isu yang lekat bagi anak muda.

Menpora juga menekankan perlu adanya pembahasan lebih lanjut dan solusi konkret, khususnya bagi anak muda.

“Anak muda akan mewarisi kehidupan di planet bumi untuk jangka panjang. Jika tidak dicari solusi atas masalah-masalah lingkungan yang saat ini tengah terjadi, kehidupan manusia juga berada dalam ancaman. Kehidupan anak muda juga berada dalam ancaman,” jelas Jonni.

Anak muda memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan planet yang berkelanjutan dan layak huni.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News