Hadiri Forum Liga Dunia Islam, Ketum PBNU Bahas Persoalan Penting

Hadiri Forum Liga Dunia Islam, Ketum PBNU Bahas Persoalan Penting
Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf menghadiri Forum Nilai-Nilai Bersama di Antara Para Pengikut Agama di Riyadh, Arab Saudi, Rabu (11/5). Foto: dokumen Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf

jpnn.com, RIYADH - Ketua Umum (Ketum) PBNU Yahya Cholil Staquf menjadi pembicara utama dalam Forum tentang Nilai-Nilai Bersama di Antara Para Pengikut Agama yang diprakarsai Rabithah ‘Alam Islami (Liga Dunia Islam).

Yahya berterima kasih kepada Sekjen Rabithah ‘Alam Islami Muhammad bin Abdul Karim Al Issa telah diundang dalam forum itu.

“Bagi saya, ini adalah harapan pribadi yang secara kebetulan dipenuhi Syaikh Al Issa,” katanya.

Dalam forum itu, Yahya membahas pentingnya mengidentifikasi nilai-nilai yang menjadi landasan dialog dan kerja sama antaragama.

Dia lantas menjelaskan langkah lanjutan dari upaya tersebut. Yakni, membangun strategi bersama untuk mentransformasikan pola pikir umat beragama.

Masih banyak kalangan umat beragama yang memandang hubungan antaragama sebagai kompetisi politik.

"Sehingga agama diperalat sebagai senjata politik untuk memperebutkan kekuasaan. Pola pikir ini harus diubah karena akan merusak harmoni sosial di antara kelompok agama,” ujarnya.

Sekjen Rabithah ‘Alam Islami menegaskan, tujuan forum itu adalah membangun bersama visi berkeadaban untuk mengonsolidasikan nilai moderasi di masyarakat.

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf menjadi pembicara dalam forum yang diprakarsai Liga Dunia Islam. Yahya membahas persoalan penting ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News