Haornas 2022: Menpora Amali Bawa Pesan Penting Soal DBON

Haornas 2022: Menpora Amali Bawa Pesan Penting Soal DBON
Puncak Haornas 2022 digelar hari ini, bagaimana sejarahnya hingga lahir Haornas? Foto: Kemenpora

jpnn.com, BALIKPAPAN - Menpora Zainudin Amali dalam perayaan puncak Haornas 2022 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kaltim, Jumat (9/9) malam, mengingatkan kembali cerita lahirnya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Melihat Keppres No.86/2021 sudah turun, kini stakeholder olahraga diminta bergerak bersama untuk mencetak juara.

DBON sendiri lahir karena perintah Presiden Joko Widodo dalam peringatan Haornas ke-37 tahun 2020 lalu kepada Menpora dan stakeholder olahraga nasional untuk melakukan review total ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional.

"Setelah 76 tahun Indonesia merdeka, barulah pada 2021, kita memiliki desain untuk olahraga nasional. DBON mengatur dari hulu sampai ke hilir. Hulunya adalah kebugaran masyarakat, hilirnya adalah prestasi," ucap Amali.

Menteri asal Partai Golkar itu menyebut tak mungkin mendapatkan talenta-talenta yang akan menjadi atlet elite nasional tanpa masyarakat yang sehat dan bugar. Karena itu, DBON mengatur dari hulu sampai ke hilir olahraga.

"Ini melibatkan hampir semua kementerian dan lembaga di tingkat pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota di bawah tim koordinasi tingkat pusat yang dipimpin langsung oleh bapak Wapres Ma'ruf Amin," tuturnya.

Menpora Amali mengingatkan bahwa dalam peringatan Haornas ke-39 ini harus ada kolaborasi dan keterpaduan langkah dalam melaksanakan tugas yang sudah diamanahkan oleh Perpres No.86/2021.

"Keberhasilan DBON akan ditentukan oleh sejauh mana masing-masing pihak yang telah mendapatkan tugas, bisa melaksanakannya dengan baik secara terencana, sistematis dengan berorientasi jangka panjang serta berkelanjutan."

Menpora Amali berpesan agar DBON dijalankan bersama-sama di sela-sela acara puncak Haornas 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News