Hadiri Kick Off Food Estate Sumatera Selatan, Mentan SYL: Pangan dari Sumsel untuk Indonesia

Hadiri Kick Off Food Estate Sumatera Selatan, Mentan SYL: Pangan dari Sumsel untuk Indonesia
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan food estate merupakan program extraordinary. Foto: Kementan

jpnn.com, OGAN ILIR - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan food estate merupakan program extraordinary. Pasalnya, mulai dari pemilihan benih, budidaya, panen, dan pasca panen dilakukan melalui pendampingan dan pengawasan yang melibatkan banyak pihak.

"Food Estate adalah jawaban untuk menyediakan pangan bagi 273 juta jiwa penduduk Indonesia," ujar SYL saat meresmikan Kick Off Food Estate Sumatera Selatan di Pemulutan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Jumat (28/5).

Menurutnya stabilitas negara dipengaruhi oleh stabilitas pangan suatu daerah.

"Dan apa yang akan dilakukan oleh Pak Gubernur hari ini bersama jajarannya adalah upaya untuk mewujudkan hal itu. Bukan hanya bagi warga Sumsel, tapi untuk Indonesia," katanya

Pada peresmian tersebut, Mentan SYL didampingi oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru, Direktur Utama PT Pusri Tri Wahyudi Saleh, para Bupati se-Sumsel, pelaku usaha dan juga Squad Tani Food Estate.

Lebih lanjut, SYL menjelaskan food estate menjadi program strategis nasional yang berkonsep pengembangan sentra produksi kawasan pangan yang berbasis korporasi.

Food estate akan dibantu oleh badan usaha tingkat petani yang mengelola usaha tani pangan mulai dari hulu hingga hilir secara berkelanjutan dan terintegrasi.

"Jadi Bapak Ibu, Food Estate ini menggunakan mekanisasi, tanam sampai panen. Ini untuk menghindari losses yang selama ini masih mencapai 11-13 persen kemudian dengan packaging yang menarik,"

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan food estate merupakan program extraordinary. Pasalnya, mulai dari pemilihan benih, budidaya, panen, dan pasca panen dilakukan melalui pendampingan dan pengawasan yang melibatkan banyak pihak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News