Hakordia 2023, Bea Cukai: Ini untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Korupsi

Hakordia 2023, Bea Cukai: Ini untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Korupsi
Bea Cukai memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di sejumlah unit vertikalnya. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di sejumlah unit vertikalnya, antara lain Bea Cukai Tanjung Emas, Bea Cukai Yogyakarta, dan Bea Cukai Belawan.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengatakan Hakordia adalah bentuk komitmen masyarakat dunia melawan korupsi yang diperingati setiap tahun pada 9 Desember.

"Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap korupsi,” ujar Encep Dudi.

Dia mengungkapkan dalam menyambut Hakordia 2023, Bea Cukai Tanjung Emas bersama Cabang Kejakasaan Negeri Kota Semarang di Pelabuhan Semarang berikan penyuluhan terkait pencegahan tindak pidana korupsi sektor pelabuhan, ekspor, dan impor kepada pengguna jasa dan pegawai Bea Cukai Tanjung Emas, Rabu (6/12).

Sementara itu, Bea Cukai Yogyakarta memperingati Hakordia 2023 dengan menyelenggarakan lomba mewarnai untuk PAUD, TK, dan Daycare Jasmine Al Muflihuun, Rabu (6/12).

Kegiatan itu mengusung tema “Aku Ingin Menjadi Petugas Bea Cukai, Aku Jujur dan Berintegritas” dan diikuti oleh puluhan siswa-siswi usia dini.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan nilai-nilai antikorupsi sejak dini. Sebelum melaksanakan lomba mewarnai, anak-anak diberikan penjelasan mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai, kemudian dihibur dengan pembacaan dongeng dengan mengangkat nilai-nilai antikorupsi,” ujar Encep.

Encep mengatakan bahwa peringatan Hakordia 2023 juga dilaksanakan oleh Bea Cukai Belawan dengan menggelar acara Sosialisasi Antikorupsi dan Netralitas ASN, di lapangan Kantor Bea Cukai Belawan, Jumat (8/12).

Bea Cukai memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di sejumlah unit vertikalnya. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News