Hambalang Terhenti di Era Andi dan Terbengkalai di Zaman Roy, tapi Kini....

Hambalang Terhenti di Era Andi dan Terbengkalai di Zaman Roy, tapi Kini....
Presiden Joko Widodo di Pusat Pendidikan Pelatihan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Foto: Sekretariat Negara

jpnn.com - BOGOR - Pembangunan proyek Pusat Pendidikan Pelatihan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang sebenarnya sudah rampung sebagian dan siap ditempati untuk mes atlet dan pusat bahasa sempat terhenti di era Menpora Andi Mallarangeng.Namun, di era Menpora Roy Suryo, proyek di bawah Kemenpora itu tetap terbengkalai.

Tapi kini, Kemenpora mendapat lampu hijau dari Presiden Joko Widodo agar megaproyek itu dilanjutkan. Menurut sumber di Kemenpora, proyek Hambalang terbengkalai di era Roy Suryo karena masih ada persoalan hukum dan kasus korupsi tinggalan Andi Mallarangeng yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Dulu zaman Pak Roy masalah hukumnya masih jalan. Tapi sudah ada yang selesai. Cuma ya tidak dimanfaatkan, saya kurang tahu kenapa,” katanya di sela-sela kunjungan Presiden Joko Widodo di P3SON Hambalang, Jumat (18/3).

Sumber yang juga pejabat di Kemenpora itu melanjutkan, beberapa proyek di Hambalang yang sudah kelar antara lain mes atlet dan pusat bahasa. “Mebel-mebelnya sudah masuk semua padahal," sambungnya.

Karenanya bangunan yang sudah selesai sebagian itu kini mangkrak dan terbengkalai. Beberapa kaca yang sudah terpasang di jendela juga terlihat pecah.

Selain itu ada pula kasur-kasur dan pendingin ruangan yang sudah terpasang. Namun, tetap saja fasilitas itu tak dimanfaatkan.

Karenanya pejabat Kemenpora itu merasa senang dengan adanya sinyal dari Presiden Jokowi agar proyek P3SON Hambalang dilanjutkan.  "Ya kami senang, karena ke depan kalau ini bisa diselesaikan, akan menjadi aset negara yang bisa dimaksimalkan penggunaannya. Sayang lho, sudah seperti ini, banyak yang selesai," papar dia.

Menurutnya, kedatangan Jokowi ke Hambalang menunjukkan keseriusan pemerintah untuk menjaga aset negara. Karenanya dia optimistis proyek Hambalang akan berlanjut kembali dan bisa segera dimanfaatkan oleh negara.(dkk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News