Hamdalah, UNBK di Luar Negeri Berjalan Lancar

Hamdalah, UNBK di Luar Negeri Berjalan Lancar
Siswa SMA mengikuti UNBK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada sekolah-sekolah Indonesia di luar negeri berjalan aman dan lancar.

Menurut Kapuspendik ‎Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof Nizam, hingga hari terakhir UNBK SMA, pihaknya tidak mendapatkan laporan gangguan teknis maupun kebocoran, khususnya pada sekolah Indonesia di luar negeri.

"Alhamdulillah, hari ini UNBK SMA terakhir berjalan lancar, termasuk di sekolah Indonesia luar negeri. Seperti Tokyo, Singapura, Kualalumpur, Kairo," kata Nizam dalam pesan singkatnya, Kamis (13/4).

Dia menyebutkan, sekolah Indonesia luar negeri (SILN) jenjang SMA yang melaksanakan ‎UNBK adalah Singapore, Kualalumpur, Kinabalu, Bangkok, Tokyo, Yangoon, Jeddah, Mekah, Cairo, Denhag, Beograd, Moscow‎.

Meski begitu ada SILN jenjang SMA yang melaksanakan UN berbasis kertas pensil (UNKP) yaitu Davao‎.

Sementara itu Irjen Kemendikbud Daryanto mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan UNBK tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu. Tahun lalu, penyelenggara UNBK hanya 4000 ribu, kini menjadi 30 ribuan.‎

"Dari sisi jumlah yang harus dilayani meningkat tajam. Namun, laporan pengaduan minim," ujarnya.

Setelah ini, masih akan menghadapi UN SMP 2 Mei mendatang yang jumlah peserta dan penyelenggaranya lebih banyak. Dia berharap, kendala teknis bisa diminimalisir. (esy/jpnn)

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada sekolah-sekolah Indonesia di luar negeri berjalan aman dan lancar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News