Hampir 100 Ribu Toyota Ditarik

Hampir 100 Ribu Toyota Ditarik
DITARIK - Sebuah logo Toyota pada salah satu produk terbarunya, saat dipamerkan di salah satu ajang pemasaran di AS. Foto: Reuters/John Gress.
DETROIT - Toyota Motor Corp menarik hampir 100 ribu mobil produksi terbarunya dari pasaran (termasuk pemilik). Untungnya, ini tidak terjadi di pasar Asia, melainkan di Amerika Serikat (AS), tepatnya terhadap sekitar 95.700 unit produk Toyota dan Scion, sebagaimana diberitakan Reuters, Kamis (27/8) dinihari WIB. Namun, sejauh ini tak disebutkan bagaimana Toyota akan mengganti produk-produk tersebut.

Penarikan unit-unit Toyota yang sudah kadung beredar itu diberitakan karena alasan teknis keamanan. Hal itu terutama ada hubungannya dengan cuaca dingin, di mana es ternyata diketahui bisa mengganggu sistem pengereman pada produk tersebut dan membuat pengendara akan kesulitan untuk memperlambat laju kendaraan.

Di antara unit-unit yang ditarik, disebutkan antara lain termasuk model Toyota tahun 2009 dan 2010, mulai dari merk Toyota Corolla, Corolla Matrix, berikut kendaraan Scion xD keluaran 2008 dan 2009. Semua kendaraan, seperti diinformasikan lewat pernyataan resmi perusahaan yang bersangkutan, dilengkapi dengan sistem mesin berkapasitas 1,8 liter.

Toyota pun menjelaskan, bahwa ternyata jika pengendara membawa mobil tersebut dalam kondisi cuaca yang sangat dingin, es dapat menyebabkan gangguan pada pusat sistem pengeremannya. Ini otomatis akan mengurangi kekuatan pengereman, sekaligus memperpanjang jarak berhenti kendaraan (saat direm).

DETROIT - Toyota Motor Corp menarik hampir 100 ribu mobil produksi terbarunya dari pasaran (termasuk pemilik). Untungnya, ini tidak terjadi di pasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News