Hampir Separoh Siswa SMP/MTS tak Lulus

Hampir Separoh Siswa SMP/MTS tak Lulus
Hampir Separoh Siswa SMP/MTS tak Lulus
JAKARTA - Kelulusan siswa SMP dan SMA sederajat tahun ini ditentukan oleh 60 persen nilai Ujian Nasional (UN) dan 40 persen nilai sekolah. Nah, jika kelulusan hanya mengacu nilai UN murni, jumlah siswa SMP/MTS yang tidak lulus mencapai 44.45 persen.

"Seandainya hanya digunakan nilai UN murni maka total ketidaklulusan adalah 44.45 persen. Hasil ini menunjukkan peran sekolah sangat besar dalam menentukan kelulusan siswa," kata Mendikbud Mohammad Nuh saat membeberkan data kelulusan SMP/MTS tahun 2013, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (31/5).

Saat ditanya apakah hal ini berarti nilai sekolah sengaja didongkrak agar siswa bisa mencapai tingkat kelulusan yang besar? M Nuh tidak mau memberikan penafsiran. Dia mempersilahkan wartawan dan masyarakat menafsirkannya.

Mendikbud hanya menyemangati siswa yang tidak lulus tidak patah semangat karena masih bisa mengikuti ujian paket B. Karena itu siswa diminta mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

JAKARTA - Kelulusan siswa SMP dan SMA sederajat tahun ini ditentukan oleh 60 persen nilai Ujian Nasional (UN) dan 40 persen nilai sekolah. Nah, jika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News