Hanya 10 Bandara Pakai Radar

Hanya 10 Bandara Pakai Radar
Hanya 10 Bandara Pakai Radar
JAKARTA - Insiden matinya radar bandara Soekarno-Hatta dianggap kejadian yang biasa bagi petugas ATC (air traffic controller). Pasalnya, di Indonesia hanya ada 10 bandara yang memiliki radar. Di bandara lainnya, petugas ATC hanya mengandalkan alat komunikasi untuk mengontrol pesawat.       

"Walaupun sehari-hari kita bekerja dengan radar tapi anggota kami sudah mempersiapkan diri jika terjadi hal-hal seperti kemarin (radar mati). Kalau terjadi sesuatu, kami siap secara fasilitas maupun SDM (sumber daya manusia)-nya. Jadi kalaupun radar mati itu tidak berarti kiamat," ujar Deputy GM Air Traffic Services Bandara Seokarno Hatta, Budi Hendra kemarin.

Kalaupun radar mati, lanjut Budi, pihaknya masih bisa menggunakan alat komuniaksi yang ada. Sebab sebenarnya yang paling utama dalam proses pengontrolan pesawat adalah komunikasi antara pilot dengan pihak ATC,"Kalau radar mati, masih ada alat komunikasi. Kalau komunikasi normal tidak perlu khawatir. Tapi kalau alat komunikasi mati, yasudah wassalam," ungkapnya.

Guna menghadapi situasi buruk seperti itu, petugas ATC harus mengantongi sertifikat rated instrument controller (RIC). Personel yang sudah memiliki kemampuan itu disebut sebagai senior ATC. "Kejadian matinya radar itu bukan hal yang harus ditakuti. Malahan, di Indonesia ini hanya ada 10 bandara yang memiliki radar, mereka hanya menggunakan alat komunikasi," sebutnya

JAKARTA - Insiden matinya radar bandara Soekarno-Hatta dianggap kejadian yang biasa bagi petugas ATC (air traffic controller). Pasalnya, di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News