Hanya Satu Capim KPK dari Polri Lolos Seleksi Pansel

Hanya Satu Capim KPK dari Polri Lolos Seleksi Pansel
Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Firli Bahuri usai menghadiri rakor Karhutla di Istana Negara, Jakarta, 6 Agustus 2019 lalu. Foto: M Fathra Nazrul Islam/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hanya satu calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK) dari kepolisian yang lolos seleksi tahap akhir yang dilakukan oleh panitia seleksi bentukan pemerintah.

Berdasarkan nama-nama yang diserahkan Pansel Capim KPK kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Seninb sore (2/9), satu-satunya kandidat dari Korps Bhayangkara yang masuk sepuluh besar adalah Irjen Pol Firli Bahuri.

Tiga nama lainnya dari unsur kepolisian yakni Bambang Sri Herwanto, Sri Handayani, dan Antam Novambar, tersisih di seleksi tahap akhir.

Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih memastikan kesepuluh nama yang disetorkannya ke Presiden Jokowi sudah sesuai dengan hasil penyaringan timnya. Tidak ada yang berubah.

"Tidak terjadi (perubahan) apa-apa. Tidak ada istilah koreksi. Pansel kepanjangan tangan presiden, ini hasilnya," tegas Yenti saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (2/9).

BACA JUGA: Ini Nama 10 Capim KPK Pilihan Pansel

Namun demikian, dosen Fakultas Hukum Trisakti itu tidak mengetahui kapan presiden akan menyerahkan 10 nama-nama itu kepada DPR, untuk mengikuti fit and protes test. "Tidak ada sinyal kapan presiden akan menyerahkan itu," jawab Yenti. (fat/jpnn)

 


Pansel capim KPK sudah menyerahkan 10 nama kepada Presiden Jokowi, hanya satu dari empat calon dari unsur kepolisian yang lolos.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News