Harapan dan Pesan Bu Mega di Hari Pers Nasional

Harapan dan Pesan Bu Mega di Hari Pers Nasional
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pesannya untuk menyambut Hari Pers Nasional (HPN) hari ini (9/2). Presiden Kelima RI itu menyampaikan pesan berisi kritik dan harapan untuk pers.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pers Indonesia telah menunjukkan perannya yang sangat penting dalam sejarah perjalanan bangsa. Dalam masa revolusi perjuangan memperoleh kemerdekaan, katanya, pers menggelorakan semangat juang, menyediakan ruang gagasan pemikiran kebangsaan, serta dan membangkitkan semangat anti penjajahan.

Di kala pemerintahan Orde Baru yang represif, pers juga memperkuat ruang demokrasi. Bahkan, beberapa pejuang pers harus dipenjara atau dibunuh karena keteguhan dalam menjalankan tugas jurnalistik yang jujur, independen dan mengungkap hal-hal faktual di tengah rakyat.

“Kini pers memberikan warna demokrasi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Atas dasar peran pers yang konsisten tersebut, Ibu Megawati Soekarnoputri dan seluruh jajaran PDI Perjuangan memberikan apresiasi atas hadirnya watak pers yang jujur dan independen,” ujar Hasto menyampaikan pesan Megawati.

Hasto menambahkan, partainya juga berharap agar pers terus mengembangkan jati diri untuk membangun peradaban Indonesia yang berkebudayaan. PDIP juga mengharapkan pers dalam situasi demokrasi politik yang diwarnai kompetisi tidak sehat, liberal, serta penuh ambisi kekuasaan mampu hadir sebagai oase demokrasi bagi hadirnya kehidupan sosial kemasyarakatan yang penuh keadaban dan nilai-nilai etika maupun moral.

Sedangkan kritik dari PDIP adalah kecenderungan industrialisasi media. “Pers tetap harus mengabdi pada bangsa dan negara, memperjuangkan kepentingan nasional dan memiliki tanggung jawab untuk membumikan Pancasila demi hadirnya tatanan masyarakat yang berkebudayaan Indonesia,” tutur Hasto seraya menyampaikan harapan partainya akan pentingnya upaya meningkatkan kesejahteraan insan pers.(jpg/jpnn)


Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pesan berupa harapan dan kritik untuk menyambut Hari Pers Nasional (HPN) hari ini.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News