Harapan Kepala Rutan Siak Kepada 137 Narapidana Penerima Remisi Lebaran

Harapan Kepala Rutan Siak Kepada 137 Narapidana Penerima Remisi Lebaran
Para warga binaan Rutan Siak yang mendapatkan remisi. Foto: ANTARA/HO-Rutan Siak

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Siak Provinsi Riau Tonggo Butar Butar berharap narapidana yang mendapatkan remisi khusus pada Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah tidak mengulangi lagi perbuatan melanggar hukum setelah bebas nanti.

“Dengan demikian, mereka bisa kembali ke tengah masyarakat menjadi manusia bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitarnya,” kata Tonggo seperti dilansir Antara, Jumat (14/5).

Tonggo Butar Butar menyebut jumlah penerima remisi, yakni pidana umum dewasa sebanyak 116 orang, Remisi Khusus I terkait dengan PP Nomor 99 Tahun 2012 sebanyak 14 orang, dan anak didik pemasyarakatan sebanyak tujuh orang.

Rutan Kelas II B Siak, Provinsi Riau, memberikan remisi khusus (pengurangan masa tahanan) pada Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah kepada 137 warga binaan permasyarakatan dengan masa bervariasi.

Kepala Rutan Siak Tonggo Butar Butar menyebutkan jumlah penghuni rutan setempat saat ini sebanyak 412 orang, sebanyak 305 orang di antaranya narapidana dan 252 orang yang beragama Islam.

Dari 252 narapidana yang beragama Islam, lanjut dia, sebanyak 137 orang berhak menerima remisi Lebaran 2021 sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Jumlah itu sesuai dengan yang diusulkan atau seluruhnya disetujui Direktorat Jendral Pemasyarakatan karena memenuhi syarat," ujarnya.

Sebelumnya, pemberian remisi itu dengan menerapkan protokol kesehatan di Aula Rutan Siak setelah pelaksanaan salat Id, Kamis (13/5).

Rutan Kelas II B Siak, Provinsi Riau, memberikan remisi khusus (pengurangan masa tahanan) pada Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah kepada 137 warga binaan permasyarakatan dengan masa bervariasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News