Harapan Komisi I DPR Kepada Jokowi Jelang Berkunjung ke Abu Dhabi

Harapan Komisi I DPR Kepada Jokowi Jelang Berkunjung ke Abu Dhabi
Syaifullah Tamliha. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha berharap lawatan Presiden Joko Widodo ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), pada 11-14 Januari 2020 mendatang tidak sekadar kunjungan Kepala Negara Indonesia.

Tamliha berharap kunjungan itu juga dalam kapasitas sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), untuk menyelesaikan kemelut kawasan Timur Tengah yang sedang bergolak pascaterbunuhnya Jenderal Garda Bangsa Iran Mayjen Qosim Suleimani saat melakukan kunker ke Irak.

“Jika diperlukan, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dapat melakukan dialog dengan semua Menlu se-Timur Tengah untuk mencari solusi damai di kawasan itu pada khususnya, dan perdamaian dunia pada umumnya,” kata Tamliha, Kamis (9/1).

Politikus Partai Persatuan Pembanguna  (PPP) itu berharap kunjungan Jokowi ke kawasan Timur Tengah itu juga bisa dimanfaatkan, minimal untuk mencairkan hubungan diplomatik antara Arab Saudi, UEA, Kuwait, Bahrain dan Mesir yang telah memblokade Qatar dalam dua tahun terakhir. Menurutnya, kunjungan kenegaraan ke UEA itu sangat penting.

"Dunia tetap menganggap Indonesia sebagai negara yang konsisten melaksanakan konstitusi negara, untuk turut menertibkan keamanan dunia dan perdamaian abadi sebagaimana bunyi Pembukaan UUD NRI 1945," ujar Tamliha.(boy/jpnn)

Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha berharap lawatan Presiden Joko Widodo ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), pada 11-14 Januari 2020 tidak sekadar kunjungan Kepala Negara Indonesia.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News