Harapan KSAL Saat Meresmikan Kampung Bahari Nusantara di Tual

Harapan KSAL Saat Meresmikan Kampung Bahari Nusantara di Tual
KSAL Laksamana Yudo meresmikan Desa Dian Darat, Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara yang berada di Wilayah Lanal Tual sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN), Jumat (18/6). Foto: Dispenal

jpnn.com, TUAL - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengharapkan Kampung Bahari Nusantara di wilayah kerja Lanal Tual dapat mempercepat roda perputaran ekonomi.

Laksamana Yudo juga berharap Kampung Bahari Nusantara (KBN) dapat memberdayakan warga pesisir agar potensi daerahnya dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga kehidupan masyarakat di Kepulauan Kei menjadi sejahtera.

Harapan KSAL itu disampaikan saat meresmikan Desa Dian Darat, Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara yang berada di Wilayah Lanal Tual sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN), Jumat (18/6).

Peresmian itu ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan Prasasti oleh KSAL dan pemotongan pita oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono.

Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) melaporkan peresmian tersebut dilaksanakan setelah KSAL dan Ny. Vero Yudo Margono melalui prosesi adat setempat dengan pemakaian gelang oleh Raja Yarbadang penguasa wilayah Hoat Sarbay. Juga setelah pemakaian selempang oleh Bupati Maluku Tenggara M Mohamad Taher Hanubun yang selanjutnya diterima dengan tarian adat.

Program KBN ini telah dicanangkan sejak tahun 2020 oleh Laksamana TNI Yudo Margono yang selaras dengan pembangunan sarana dan prasarana pendukung pertahanan matra laut.

Secara multiguna program pembangunan KBN ini memiliki implikasi positif dalam bidang pariwisata, kesehatan, edukasi, ekonomi serta pertahanan.

KSAL mengatakan wilayah Lanal Tual secara geografis berada pada posisi yang strategis di wilayah ALKI III. Di sisi lain wilayah Tual memiliki kekayaan alam yang melimpah berupa kekayaan sumber daya alam hayati yang sangat berguna bagi peningkatan devisa negara, sehingga sudah seyogyanya didukung dan dilestarikan dengan baik.

KSAL Laksamana Yudo meresmikan Desa Dian Darat, Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara yang berada di Wilayah Lanal Tual sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News