Harapkan Pengganti Taufiq Bisa Jembatani DPD dan DPR

Harapkan Pengganti Taufiq Bisa Jembatani DPD dan DPR
Harapkan Pengganti Taufiq Bisa Jembatani DPD dan DPR
JAKARTA - Pascameninggalnya Taufiq Kiemas, Sabtu (8/6) lalu, hingga saat ini belum ada kepastian tentang sosok yang akan menjadi Ketua MPR RI. Meski demikian, pengganti Taufiq nanti diharapkan bisa menjembatani DPR dan DPD yang selama ini kurang akur.

Harapan itu disampaikan mantan Sekjen DPD RI, Siti Nurbaya, di sela-sela sebuah diskusi di Jakarta, Senin (10/6). Siti menuturkan, Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR RI memiliki peran penting dalam menciptakan hubungan harmonis di antara lembaga tinggi negara, termasuk DPD dan DPR yang sering berseteru karena tarik ulur kewenangan.

"Almarhum (Taufiq Kiemas, red) merupakan tokoh yang bisa mendamaikan perseteruan kecil antara DPR dan DPD. Karena itu saya berharap penggantinya juga merupakan tokoh yang memiliki kepribadian sama, mampu menyejukan dan merekatkan bangsa," kata Siti.

Mantan birokrat yang kini menjadi politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu menambahkan, Taufiq adalah sosok yang tak sungkan-sungkan mendatangi pihak lain meski usianya lebih muda, demi menciptakan kerukunan. Siti mencontohkan ketika Taufiq beberapa kali mendatangai ruangan kerja Ketua DPD RI Irman Gusman, untuk membicarakan perseteruan lembaga bagi para senator itu dengan DPR RI.

JAKARTA - Pascameninggalnya Taufiq Kiemas, Sabtu (8/6) lalu, hingga saat ini belum ada kepastian tentang sosok yang akan menjadi Ketua MPR RI. Meski

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News