Harapkan SBY Tak Tutup Mata dengan Mafia Pupuk

Parade Nusantara Ancam Datangi Kementan

Harapkan SBY Tak Tutup Mata dengan Mafia Pupuk
Harapkan SBY Tak Tutup Mata dengan Mafia Pupuk
JAKARTA - Dugaan patgulipat proyek pupuk di Kementrian Pertanian ternyata juga membuat geram para kepala dan perangkat desa. Bahkan Ketua Parade Nusantara, Sudir Santoso, meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk tidak tutup mata dengan kisruhnya proyek pupuk di Kementan.

Menurut Sudir, para kepala dan perangkat desa paham betul dengan persoalan petani di yang sering mengeluh karena mahal dan langkanya pupuk. Lebih disayangkan, kata Sudir, persoalan pupuk itu terjadi dari tahun ke tahun sehingga para petani nyaris putus asa dengan kondisi yang ada.

"Hampir tiap tahun ada saja kelangkaan. Ini tentu tidak bisa dibiarkan dan kami sudah geram dengan persoalan yang kerap membuat panen kami jadi gagal. Presiden harus turun tangan. Jika tidak kami yang akan turun ke Kementan,” kata Sudir saat dihubungi, Selasa (25/9).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Forum Indonesia untuk Tranparansi Anggaran (FITRA) memgungkap adanya kejanggalan proyek pupuk hayati dan dekomposer cair di Kementan. Tender proyek senilai Rp 81 miliar yang dimenangi PT DMP itu diduga ada permainan. Perusahaan tersebut sebenarnya sudah masuk daftar hitam di Kementan dan pernah digunakan oleh mantan Bendahara Umum Partai Demokrat (PD) M Nazaruddin untuk mengerjakan proyek di sebuah perguruan tinggi negeri di Palembang.

JAKARTA - Dugaan patgulipat proyek pupuk di Kementrian Pertanian ternyata juga membuat geram para kepala dan perangkat desa. Bahkan Ketua Parade

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News