Hardiknas 2018, Siapkan SDM Hadapi Era Industri 4.0

Hardiknas 2018, Siapkan SDM Hadapi Era Industri 4.0
Siswa SMA sedang berpantomim. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menyambut Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) 2018, Kemendikbud dan Kemenristekdikti membawa semangat yang sama, yakni membawa anak didik untuk siap menghadapi era industri 4.0. Namun sebagian pihak menilai upaya pemerintah ini masih belum maksimal.

Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi mengatakan rencana strategis (renstra) pemerintah saat ini belum merespons kebutuhan SDM untuk menghadapi era industri 4.0.

Padahal menurutnya menyambut era internet of things tersebut, dibutuhkan SDM yang berkualtias, berkarakter, serta kaya ide-ide baru dan kreatif. ’’Selain itu juga memiliki keterampilan dan visioner sesau tuntutan revolusi industri 4.0,’’ kata Unifah, Selasa (1/5).

Namun untuk mencapai itu, Unifah mengatakan masih banyak yang perlu diperbaiki. Seperti dualisme kurikulum yang masih ada sekarang. Termasuk adanya soal ujian higher order thinking skill (HOTS) dalam ujian nasional yang membuat heboh.

Unifah menegaskan soal ujian HOTS itu bukan berarti soal ujian yang sulit. Tetapi soal ujian yang menuntut penalaran dan logika pemikiran tingkat tinggi. Jika pembelajaran sehari-hari sudah mengarah ke penalaran dan logika tingkat tinggi, maka siswa tidak akan kesulitan hadapi soal ujian HOTS. (wan)

 


Berkaitan dengan Hardiknas 2018, Ketum PGRI Unifah Rosyidi menilai upaya pemerintah belum maksimal siapkan SDM hadapi era industri 4.0


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News