Harga Bawang Putih Tembus Rp 25 ribu/Kg

Harga Bawang Putih Tembus Rp 25 ribu/Kg
Harga Bawang Putih Tembus Rp 25 ribu/Kg
NUNUKAN – Harga bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Nunukan mulai merangkak naik. Tapi, kenaikan yang paling signifikan adalah bawang merah dan bawang putih. “Kenaikan bawang merah dan putih bahkan telah terjadi sejak seminggu lalu. Kami para pedagang tak bisa apa-apa. Karena stok bawang yang diimpor dari Sulawesi dan Jawa juga terbatas jumlahnya,” ungkap Monica, pedagang Pasar Pagi Nunukan.

Kata Monica, untuk bawang merah saat ini dijual seharga Rp 25 ribu per kilogram. Sebelumnya, harga bawang merah Rp 15 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih dari harga Rp 14 ribu per kilogram naik menjadi Rp 22 ribu per kilogram. Selain bawang dari Sulawesi dan Jawa, juga banyak beredar bawang dari Tawau-Malaysia.

Hanya saja, bawang dari Tawau kurang diminati. Ini karena, kualitas produksinya jauh di bawah produksi petani Indonesia. “Ini ada juga bawang merah dari Tawau, harganya memang lebih murah yakni Rp 18 ribu per kilonya. Tapi, hanya sedikit orang yang mau membelinya,” aku Monica.

Berdasarkan pantauan koran ini, bawang merah dari Tawau warnanya ungu pekat agak kehitam-hitaman. Sedangkan bawang Indonesia, warnanya merah cerah. Perbedaan lainnya, menurut beberapa pedagang, bawang Tawau jika dicampur dan dimasak bersama bahan makanan lainnya baunya kurang sedap. Sementara bawang merah Indonesia terasa harum dan sedap. (ica)

NUNUKAN – Harga bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Nunukan mulai merangkak naik. Tapi, kenaikan yang paling signifikan adalah bawang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News