Harga Bumbu dan Sayur Naik Gila-Gilaan

Pemerintah Salahkan Alam

Harga Bumbu dan Sayur Naik Gila-Gilaan
Harga Bumbu dan Sayur Naik Gila-Gilaan
JAKARTA -- Kalangan ibu rumah tangga akhir-akhir ini dibuat resah dengan kenaikan harga sayuran dan bahan untuk memasak. Harga sayuran seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai naik puluhan persen. Sementara harga minyak goreng, telur, dan daging masih dalam posisi stabil.   

Direktur Bina Pasar Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan Jimmy Bella mengakui bahwa kenaikan harga sayuran dan bumbu masak, khususnya di DKI Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia, sudah terjadi. Penyebabnya adalah pasokan dari daerah penghasil sayur berkurang. "Kota besar seperti Jakarta ini kan ketergantungan (sayur mayur) dari luar daerah sangat tinggi. Sekarang terjadi defisit pasokan," ujarnya di Jakarta, kemarin (25/6).

Jimmy mengungkapkan, saat ini sering terjadi banjir di beberapa daerah penghasil sayur dan bumbu sehingga produksi tidak mencapai target. Ditambah lagi cuaca yang tidak menentu dan sering hujan sehingga distribusi kurang lancar. "Faktor alam ini di luar kekuasaan kami.. Akhirnya hasil panen sayur dan bumbu hanya untuk kebutuhan daerah masing masing saja," ucapnya.

Jimmy membantah adanya spekulasi pedagang untuk menaikkan harga secara sepihak. Terbukti, harga sembako yang lain tetap stabil. "Yang terjadi saat ini hanya terjadi penurunan pasokan dari daerah untuk sayur mayur. Tapi itu bukan bukan gangguan distribusi. Distribusi tetap lancar, tidak ada kerusakan jalan," tegasnya.

JAKARTA -- Kalangan ibu rumah tangga akhir-akhir ini dibuat resah dengan kenaikan harga sayuran dan bahan untuk memasak. Harga sayuran seperti bawang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News